Aceh-  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama PT Medco Energi Internasinal Tbk menyumbang 100 lampu tenaga surya untuk warga Aceh dalam menindaklanjuti penandatanganan kerja sama program “We Light Up Indonesia”.

Penyerahan dilakukan Jumat (6/2) secara simbolis kepada Gubernur Aceh, Zaini Abdulah dan Bupati Aceh Timur, Hasballah Bin M. Thaib, disaksikan para wakil instansi, pemda Aceh,

“Lampu akan dipasang di 50 titik,” kata Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/1).

Zaini mengataka, hingga tahun 2013, akses masyarakat mendapatkan listrik di Indonesia hanya 80 persen. Artinya, lebih 60 juta penduduk Indonesia masih belum mendapatkan aliran listrik.

Zaini menyatakan, pengembangan energi terbarukan bisa dijadikan alternatif sebagai solusi untuk mengurangi kesenjangan akses listrik. Program yang mengedepankan gerakan sosial berbasis masyarakat ini, secara langsung bisa membantu program pemerintah dalam penyediaan listrik. “Saya berharap program ini dapat dijalankan oleh perusahaan-perusahaan lainnya yang beroperasi di Aceh,” kaata Zaini.

Wakil Ketua Umum Kadin bidang Bidang Lingkungan Hidup, Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan (LHPIPB), Shinta W. Kamdani menyadari banyak daerah di Indonesia yang belum mendapatkan listrik. “Kadin mengupayakan penyediaaan listrik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” kata Shinta.

Kadin berharap program ini bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat sejalan program pemerintah yang mengedepankan pengadaan listrik dengan energi terbarukan.

President Director & CEO MedcoEnergi, Lukman Mahfoedz berkomitmen untuk mengembangkan potensi migas di Block A, Aceh Timur.

Program yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat di daerah operasi Medco tersebut, akan memberikan lampu LED Sunlife® Super Bright berbasis tenaga surya dengan kemampuan empat kali lebih terang dari lampu LED biasa dan dapat bertahan selama 30 jam.

Sumber : http://www.beritasatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *