RKAKUobkVrSukabumi: Greenpeace Austria bekerja sama dengan Greenpeace Indonesia mengkampanyekan solusi energi terbarukan dalam bentuk solar panel di Sekolah Dasar (SD) Desa Ciptagelar, Sukabumi. Solar panel dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas belajar mengajar.

Meski tak mendapatkan penerangan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), Desa Ciptagelar tidak gelap. Desa ini memanfaatkan energi mikro hidro untuk memutar pembangkit listrik yang menerangi desa di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut ini.

Namun, listrik yang dihasilkan turbin mikro hidro tak mencukupi jika digunakan secara bersamaan untuk sekolah dan penerangan sehari-hari.

“Solar energi akan dipasang di sekolah untuk menghidupkan komputer. Ini untuk menjaga listrik tetap hidup ketika debit air yang menyokong mikro hidro berkurang,” kata Grassroot Coordinator, Didit Haryowicaksono di Desa Ciptagelar, Sukabumi, Minggu (26/4/2015).

Pemasangan solar panel dilakukan di SD Negeri Ciptagelar. Bangunan SD berada satu lingkungan dengan Bangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Cisolok. Lima unit komputer digunakan secara bersamaan untuk belajar bagi siswa dua sekolah ini.

Selam ini hanya dua komputer yang dapat hidup dengan bantuan tenaga listrik dari turbin mikro hidro. Kini, seluruh komputer dapat digunakan.

“Kapasitasnya 800 watt pick, sasaran utama lima komputer di sini, kita coba cari fasilitas publik yang bisa kita bantu, karena di sini sudah menggunakan turbin mikro hidro. Kami harap keberadaan komputer bisa menarik anak-anak untuk sekolah,” kata dia.

Pemimpin masyarakat adat Banten Kidul, Kasepuhan Ciptagelar, Abah Ugi Sugriana Rakasiwi setuju dengan ide energi terbarukan. Sebab, desa ini tak gelap lagi meski tak ada listrik yang mengalir.

“Abah paling suka teknologi terbarukan, energi yang ada di alam bisa kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari,” kata Abah Ugi.

Greenpeace tak hanya melakukan pemasangan solar panel. Teknisi juga memberikan pelatihan untuk guru di sekolah agar bisa melakukan perawatan secara berkala. Selain itu, Greenpeace memberikan pelatihan kepada beberapa anggota Asian Soccer Association (ASA) yang ikut serta untuk mendukung kampanye energi terbarukan ini.

by jabar.metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *