Kebun Binatang Cincinnati, Amerika Serikat mungkin menjadi salah satu kebun binatang yang ramah lingkungan. Mereka menjalin kerjasama dengan sebuah toko bunga setempat untuk membuat kompos dari kotoran gajah, kuda, badak dan hewan-hewan lainnya.

Dalam minggu pertama, proyek ini sudah mampu mengolah 7,31 ton limbah menjadi kompos. Diperkirakan sepanjang 2011 proyek ini bisa menghasilkan kompos dari 420 hingga 530 ton kotoran. Jumlah ini setara dengan pengurangan 8000 hingga 10 ribu kg gas methane dan 170 sampai 210 metrik ton karbon dioksida.

Tak hanya itu, pengelola kebun binatang tengah membangun panel surya di atas lahan parkir. Sekitar 6400 panel surya sudah dipasang di sana. Pengelola berharap, panel surya ini bisa memasok kebutuhan listrik kebun binatang sekaligus membangkitkan minat pengunjung terhadap teknologi ramah lingkungan.

Para pekerja sudah menyelesaikan pemasangan panel surya pada Jumat pekan lalu. Belasan kebun binatang di California dan Oregon juga tertarik untuk mengembangkan teknologi serupa.

Sumber: www.treehungger.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *