PLTS MesujiMESUJI — Kabupaten Mesuji tahun ini dipastikan mendapat bantuan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat. Hal itu disampaikan Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Maritje Hutapea, melalui surat yang dikirim kepada Bupati Mesuji Khamamik.
PLTS tersebut rencananya dibangun menggunakan dana APBN yang pelaksanaannya mengacu pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Kegiatan Fisik Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan.
Melalui telepon, Khamamik menjelaskan jika PLTS tersebut akan dibangun di empat lokasi, yakni Desa Mulyosari di Kecamatan Mesuji dengan kapasitas 30 kWp; Desa Sritanjung, Kecamatan Tanjungtaya dengan kapasitas 20 kWp; Desa Talangbatu, Kecamatan Mesuji Timur berkapasitas 20 kWp; dan Desa Sungaisidang, Kecamatan Rawajitu Utara berkapasitas 20 kWp.
Khamamik mengutarakan jika pihaknya sangat menyambut baik dan mengapresiasi pembangunan PLTS terpusat tersebut pada tahun ini. “Kami senang akhirnya rencana ini dapat direalisasikan. Kini masih banyak wilayah Mesuji yang belum teraliri listrik PLN, termasuk di empat desa tersebut. Harapannya dengan dibangun PLTS terpusat tersebut dapat membantu memudahkan masyarakat memperoleh energi listrik, sehingga dapat meningkatkan perkembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, terlebih menggunakan energi yang terbarukan dan ramah lingkungan,” jelas Khamamik, Rabu (5/8/2015).
Dia melanjutkan jika pihaknya terus mencoba membangun Kabupaten Mesuji di segala bidang dan dengan segala cara. “Meminta bantuan kepada pemerintah pusat adalah salah satu solusi di samping giatnya pembangunan dengan dana APBD kita yang sangat minim. Kami tentu berharap pemerintah pusat dapat terus menaruh perhatian lebih kepada Mesuji yang sedang giat membangun,” lanjut Khamamik.
Kini, Khamamik tengah mengikuti Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) IX di Lemhannas RI Jakarta yang dijadwalkan akan selesai pada Oktober mendatang.
By lampost.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *