DPRD Bulungan.bursaenergiTANJUNG SELOR, MEDIAKALTARA.COM – Ketua DPRD Kabupaten Bulungan, Syarwani  mendukung keinginan warga Tanjung Palas agar pemerintah juga  membangun   Penerangan  Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) atau solar cell di Tanjung Palas seperti yang sudah dibangun oleh Pemkab Bulungan disepanjang jalur hijau (Taman Kota, Red) di Tanjung Selor.
“Saya berharap keinginan itu tidak hanya sebatas wacana saja, akan tetapi harus diaplikasikan dalam bentuk usulan kepada Pemerintah melalui Dinas Pertambangan Dan Energy selaku SKPD tekhnis, “ terang Syarwani dikediaman nya, Rabu 19/8/2015.
Selain usulan kepada pemerintah, disarankan salah satu surat usulan dimaksud ditembuskan  kepada DPRD, Agar supaya bisa dikontrol apabila rapat anggaran dilaksanakan antara  Eksekutif dan Legislatif.
Menurut Syarwani, keberadaan PJUTS sangat memungkinkan untuk dibangun, terutama saat krisis energi listrik yang menggunakan tenaga mesin melanda Kabupaten Bulungan sekarang.
“Apakah tekhnisnya nanti seluruh lampu mencantol pada tiang listrik yang sudah ada disepanjang jalur kota atau membangun tiang yang baru sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah. Yang pasti bagaimana secepat mungkin penerangan jalan umum yang menggunakan PJUTS ini minimal awal tahun anggaran 2016 sudah bisa terbangun di Tanjung Palas, “ ujar Syarwani.
Diketahui sebelumnya, Pemerintah dituding hanya setengah hati untuk membangun berbagai infrastrujtur di Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Buktinya, lampu listrik untuk penerangan jalan umum (PJU) saja sampai saat ini belum maksimal untuk menerangi kota raja julukan Tanjung Palas pada waktu malam hari.
Padahal sebentar lagi pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan akan berpindah ke Kecamatan ini.
 “Seharusnya Pemkab bersama DPRD sudah memikirkan bagaimana di Tanjung Palas untuk PJUTS. Mengingat daya mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang dikelola oleh PT PLN belum mampu untuk mengaliri lampu jalan yang berjejer disepanjang jalan dikota tersebut, “ terang Fadlan Warga RT 7 Kelurahan Tanjung Palas Hilir belum lama ini.
Tidak ada alasan sedikitpun untuk urusan kelistrikan dimaksud tidak didukung oleh pemerintah. Sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia. Apalagi dalam hal ini sudah ada aturan yang mengatur soal listrik masyarakat Pemerintah setempat diijin kan untuk berinovasi dan berkerjasama dengan PT PLN sebagai pengelola.
 Lebih lanjut ia juga menambahkan, dengan duduknya beberapa orang anggota DPRD Dapil dua yang meliputi kecamatan Tanjung Palas sudah harus jeli melihat permasalahan ini. Serta berjuang maksimal untuk menggugah pemerintah agar segera mengganggarkan program PJUTS dimaksud.
 “Kita tetap optimis dan berharap semoga saja pada pergesaran anggaran di APBD Perubahan yang sebentar lagi disahkan. Tim Banggar  DPRD dan Pemkab Bulungan mau menganggarkan program PLTS untuk PJU tersebut, “ pungkasnya. * Sahri.
By www.mediakaltara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *