herman-man-wakil.bursaenergiSenin (21/9/2015), Wakil Walikota Kupang, dr. Herman Man mengatakan, Pemkot Kupang sudah meminta PT PLN Area Kupang untuk memasang lampu di perempatan jalan dan jalan strategis di wilayah Kota Kupang agar lebih terang.
“Orang tidak melihat lampu di sepanjang jalan menyala atau tidak, tetapi utamakan di perempatan jalan. Di perempatan jalan orang berhenti harus terang, kalau dia berhenti suasana gelap, kesanya kota gelap gulita,” kata Herman Man, saat ditemui Pos Kupang di Gedung DPRD Kota Kupang, Senin (21/9/2015).
Herman menjelaskan, tahun 2015 ini Pemkot Kupang mengganti semua lampu, termasuk lampu solar cell yang acu-nya rusak dan dicrui orang, serta pemasangan baru di beberapa titik jalan di Kota Kupang.
Untuk itu, lanjut Herman, Pemkot mengalokasikan anggaran Rp 9.953.850.000. Saat ini pergantian dan pemasangan lampu jalan sedang dilakukan.
Herman menjelaskan, anggaran Rp 9,9 miliar itu untuk pengadaan lampu tenaga surya atau solar cell Rp 4,8 miliar, penggantian baterai atau acu Rp 3 miliar, pengadaan bola lampu led Rp 2 miliar, pengadaan meteran listrik (lampu penerangan jalan umum/LPJU) Rp 200 juta, pengadaan box baterai Rp 200 juta dan fotosel Rp 200 juta.
Dikatakannya, pemasangan lampu tenaga surya di 188 titik di Kota Kupang untuk semua kelurahan. Saat ini sedang melaksanakan penggantian baterai 1.030 lampu dan lampu lead 480 unit. Lampu lead diganti karena hemat energi dan lebih terang.
Jalan-jalan strategis seperti jalan protokol, demikian Herman, tidak memakai lampu solar cell lagi, tapi memakai lampu PLN yang menggunakan mercurry atau halogen berwarna kuning.
Ia menjelaskan, nanti di antara berapa lampu solar cell ada satu mata lampu PLN, supaya terkesan terang. Hal ini tujuannya agar ketika listrik mati ada listrik solar cell. Dan kalau solar cell mati bisa ada alternatif lampu PLN.
Penggunaan Dana Rp 9,9 Miliar
* Pengadaan lampu tenaga surya/solar cell Rp 4,8 miliar
* Penggantian baterai atau ACU Rp 3 miliar
* Pengadaan bola lampu led Rp 2 miliar
* Pengadaan meteran listrik (Lampu Penerangan Jalan Umum/LPJU) Rp 200 juta
* Pengadaan box baterai Rp 200 juta
* Pengadaan fotosel Rp 200 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *