lampu-jalan panajamMendekati hari Lebaran tentunya identik dengan masa mudik. Biasanya pemudik tidak mengenal waktu untuk segera pulang ke kampung halamannya, entah itu siang ataupun malam. Namun bagaimana jika fasilitas publik contohnya lampu penerangan jalan tidak berfungsi.

Pasti akan menimbulkan kekhawatiran bagi para pengguna jalan karena berpotensi menimbulkan kecelakaan. Contohnya Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajan Paser Utara (PPU) tidak seluruhnya berfungsi.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman pada Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP), Syafrudin Lamanto ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/7/2015), menjelaskan PJU di PPU menggunakan dua sumber tenaga pembangkit, yaitu dari listrik PLN dan panel surya.

Syafrudin menjelaskan PJU di Km 0 hingga Km 2 sudah bisa beroprasi kembali.

DKPP bersama PLN telah mengecek dan memperbaiki kerusakan PJU itu. Namun lampu itu baru bisa memberikan penerangan diatas pukul 22.00 Wita. Karena daya listrik untuk PJU itu dialihkan ke pemukiman warga.

“Saat ini di PPU mengalami krisis daya. Jika dipaksakan untuk PJU maka akan terjadi pemadaman listrik di pemikiman warga,” katanya.

By kaltim.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *