PJU Tenaga Surya Modul Surya

Lampu penerang jalan di Rokan Hilir tak lagi tergantung sepenuhnya pada pasokan listrik PLN. Mulai diterapkan listrik tenaga surya.

Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang biasa dibayar masyarakat kepada pihak PLN langusung dalam rekening listrik agaknya akan menjadi lebih ringan. Pasalnya, pemerintah setempat telah menerapkan lampu jalan menggunakan tenaga surya (matahari, red).

Berdasarkan pengamatan riauterkinicom, lampu jalan yang cukup indah tersebut telah terpasang disejumlah ruas jalan dalam kota, Jalan Kecamatan, bahkan juga dikawasan perumahan anggota DPRD kawasan Batu Enam.

Lampu jalan ini tahun 2012 lalu dianggarkan 50 unit dengan nama Lampu Sel Solar Suarya (LSSS) atau Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya. “Jika menggunakan LSSS sangat irit, karena menggunakan tenaga surya. Meski dua atau tiga hari mendung, lampu masih tetap nyala, karena LSSS telah memiliki alat penyimpan sinar surya. Dengan biaya lebih irit dan lebih praktis lagi,” terang Kabag Perekonomian A Wahab kepada wartawan belum lama ini.

Saat ini katanya baru dalam tahap uji coba, dan jika nanti sukses, maka akan dilanjutkan lagi. Dan ini katanya merupakan ide brilian dari Bupati Rohil Annas Maamun langsung.

Lampu jalan yang terpasang sekarang tidak lagi mengandalkan listrik PLN, sehingga bisa mengatasi keterbatasan daya yang dimilik serta mengurangi beban biaya pajak penerangan jalan kepada masyarakat yang dibayar dalam rekening listrik.

Ditambah lagi, jika terjadi pemadaman, lampu jalan tetap menyala, dan saat ini keindahan Kota Bagansiapiapi bertambah dengan kehadiran lampu tersebut.***(nop)

Sumber : Riauterkini.com (Riauterkini-BAGANSIAPIAPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *