Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumbar, berencana mengganti lampu jalan yang semula menggunakan listrik PLN dengan lampu bertenaga surya.

Kabid Bina Marga Dinas PU Payakumbuh, Zularman, Minggu, mengatakan penggantian itu diperkirakan akan menghemat pengeluaran rutin ke rekening PLN hingga Rp1,7 miliar per tahun.

“Jika mampu mengganti lampu penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Sukarno-Hatta dan Jalan Sudirman Payakumbuh, dari lampu jenis mercury ke lampu bertenaga surya, diperkirakan penghematan anggaran akan cukup besar,” katanay.

Menurut Zularman, tahun anggaran 2015, seluruh lampu mercury Jalan Sukarno-Hatta akan diganti dengan lampu tenaga matahari.

Tiap tahun beban pemkot untuk membayar rekening listrik PJU ke PLN cukup besar dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun, karena jumlah PJU terus bertambah setiap tahun.

Tahun ini, kata dia, pemkot menambah lampu jalan 125 titik lagi di beberapa kelurahan.

Hingga sekarang, katanya, pada 76 kelurahan Payakumbuh sudah terpasang 2.600 PJU dari target 6.000 PJU hingga akhir 2017.

“Beban rekening yang dikeluarkan pemkot hingga saaat ini sudah mencapai Rp3 miliar lebih. Pada dua ruas jalan protokol itu saja, tidak kurang Rp1,7 miliar yang harus disetor pemko ke PLN,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *