Lampu JalanJurnalindependen.com – Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Program  listrik pintar akan membantu pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ( PJUTS) Kota Lubuklinggau sebanyak 110 unit yang akan dipasang sepanjang ruas jalan Fatmawati Sukarnoputri hingga SMAN 5 Lubuklinggau.

Bantuan tersebut 1 paket dengan retrofit ( penggantian PJU LED) sebanyak 225 unit yang tahun ini akan segera dipasang oleh rekanan PT. Wijaya Karya Indonesia. Demikian yang disampaikan Kepala Dinas PU Tata Kota Lubuklinggau melalui Kabid Pertambangan, Misno Sarman, saat dibincangi dikantornya, kemarin.

Dalam proyek ini, menurut Misno, Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau hanya menerima fisik pekerjaan sementara mekanisme penganggaran dan pengadaan PBJ nya dilaksanakan oleh Kementrian ESDM, 

Langkah ini, selain untuk menghindari seringnya pemadaman arus listrik PLN, juga sebagai langkah efesiensi anggaran daerah karena tidak perlu lagi menggantungkan sumber energi penerangan jalan. “Didasari usulan dan perjuangan gigih melobi ke pusat, Insya Allah tahun 2016 ini kita  mendapat proyek PJUTS.

Ke depannya anggaran daerah untuk kebutuhan rekening listrik menjadi lebih hemat, sebab daya listrik yang disuplai untuk penerangan lampu jalan dalam Kota Lubuklinggau  akan diganti dengan tenaga surya.

Hasil konfirmasi terakhir dengan pihak Kementerian ESDM, bantuan tersebut sudah dapat dipastikan akan direalisasikan dalam tahun 2016 ini. Buktinya kami telah di panggil ke Jakarta untuk menandatangani kontrak kerja,” tegasnya.

Menurutnya, langkah penggantian penerangan lampu jalan umum dari arus listrik PLN ke sumber tenaga surya akan memunculkan performa baru di kota Lubuklinggau, sebab selain dinilai lebih efisiensi, keberadaan refrofit LED dalam kafasitas watt kecil juga mampu memancarkan sinar lebih terang. “Mudah-mudahan program ini berjalan sukses dan lancar sehingga bisa dinikmati segera oleh masyarakat Kota lubuklinggau,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *