Lampu Jalan.bursaenergiCURUP – Selain banyak yang tidak berfungsi, kondisi fisik lampu jalan tenaga surya di seputaran jalan lintas Curup-Lebong juga banyak yang tidak terawat. Buktinya, ada beberapa lampu dari 30an lampu jalan yang terpasang di Kelurahan Tunas Harapan, Kecamatan Curup Utara yang tutup baterainya terbuka. Belum bisa dipastikan memang rusak atau sengaja dibuka karena baterainya dicuri. Keterangan ini disampaikan warga Kelurahan Tunas Harapan, Alan Sarabi (40).
‘’Kami tidak berani memanjatnya. Yang jelas sudah seminggu ini terbuka seperti itu. Kami sudah sampaikan ke pihak kecamatan. Kami khawatir terjadi arus pendek listrik kalau terus dibiarkan. Selain itu kondisi di sekitar lampu yang rusak itu gelap gulita kalau malam,’’ tutur Alan.
Sementara Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) RL, Elwan Effendi mengaku belum menerima laporan. Namun dia akan memerintahkan petugas mengecek kondisi lampu jalan tenaga surya itu. ‘’Nanti kami cek dulu. Kalau perawatan, sejauh ini kondisi lampu itu masih terawat dengan baik. Mungkin tutup baterainya itu sengaja dibuka,’’ demikian Elwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *