lampu mercusuar.bursaenergiTANJUNG SELOR – Lampu solar cell di mercusuar perairan Pulau Tias, Kabupaten Bulungan, diduga dicuri maling. Atas kejadian tersebut, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Bulungan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.
Kepala Dishubkominfo Bulungan Baharuddin, mengatakan saat pihaknya melakukan pengecekan terhadap mercusuar yang berada di pulau tias. Sollar cell beserta lampu yang terpasang di tiang mercusuar itu sudah tidak ada lagi. “Sudah dicuri sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Baharuddin kepada Bulungan Post.
Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya sulit melakukan pengawasan, pemeliharaan dan perawatan karena sumber daya manusia (SDM) yang belum mumpuni dan perlengkapan juga masih minim. “Jadi peralatan yang mendukung belum memadai dan menyulitkan petugas dalam melakukan pengawasan,” ungkapnya. Selain itu, pencurian solar cell dan lampu sampai saat ini belum bisa dideteksi. “Karena kurang tahu juga siapa pelakunya,” kata Baharuddin.
Padahal, diakui Baharuddin, pihaknya telah membuat pengamanan sedemikian rupa agar solar cell dan lampu mercusuar di pulau tersebut tidak dicuri lagi. “Pelaku itu lebih ahli karena mampu mencuri alat itu. Tapi kejadian ini juga sudah kami laporkan ke pihak yang berwajib dan Pj Bupati,” jelasnya.
Dengan hilangnya solar cell tersebut, tentu dapat membahayakan para pengguna transportasi laut seperti kapal yang setiap saat melintas di muara laut dan sekitarnya. Begitu pula bagi para nelayan. “Kami sangat sesalkan kejadian ini, padahal dengan adanya solar cell itu, kan dapat membantu kapal-kapal dan para nelayan di laut, tapi kok malah dicuri orang,” kesalnya.
Baharuddin berjanji tahun ini, pihaknya akan kembali menganggarkan penggantian solar cell yang hilang tersebut. “Nanti kami ajukan di anggaran perubahan, karena itu sangat penting,” katanya.
Di sisi lain, ia juga mengimbau para nelayan yang kerap melintas di wilayah pulau tias apabila melihat ada seseorang yang hendak memanjat mercusuar dan mengambil perlengkapan yang ada, agar ditegur. “Nanti kami sampaikan kepada para nelayan melalui dinas perikanan agar menyampaikan untuk bisa menjaga aset yang ada di perairan muara Bulungan dan sekitarnya, karena itu merupakan keselamatan bagi mereka semua juga,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *