lampu-solar-cell-di-ringroad_20150505_100814Maksud Pemerintah Kota Manado mengurangi daya listrik dan mendukung program ramah lingkungan dengan memasang lampu tenaga surya (solar cell) tak sepenuhnya berhasil. Sejumlah lampu yang terpasang sebagai penerang jalan tak berfungsi.

Di Jalan SH Sarundajang atau lebih populer disebut ringroad, hampir semua lampu tenaga surya di situ tak lagi menyala. Penyebab utama, baterai yang menjadi komponen penting tak ada lagi pada kotak yang terpasang pada tiang lampu. Kotak-kotak penyimpan baterai dalam keadaan terbuka.

Warga menduga pencuri menggunakan tangga untuk menaiki tiang lampu yang terletak sekitar 7- 8 meter. “Baterai-baterai itu dicuri saat subuh karena suasana sangat sunyi sehingga kendaraan atau pengguna jalan sangat sedikit yang melintas,” ujar seorang warga yang ditanya Tribun Manado, Senin (4/5).

Di Jalan AA Maramis, dari Kairagi 2 hingga Bandara Sam Ratulangi, kondisi yang sama terlihat. Puluhan lampu tenaga surya yang terpasang di taman median jalan juga sudah tak berfungsi. Baterai-baterai lampu juga sudah tak tampak di kotak penyimpannya. Kabel yang menghubungkan baterai dengan lampu sudah terputus.

“Lampu tersebut sudah tidak menyala semenjak dua bulan lalu. Kami duga ada yang mencuri baterainya sejak Februari lalu,” kata seorang warga.

Lampu tenaga surya adalah sebuah lampu yang menggunakan tenaga matahari dan terdiri dari lampu LED, sebuah panel surya fotovoltaik, dan sebuah baterai isi ulang. Panel surya terletak di bagian atas.

Lampu jenis ini dapat digunakan di dalam maupun di luar ruangan. Di luar ruangan, biasanya digunakan untuk dekorasi taman, sedangkan di dalam ruangan sebagai penerangan di garasi.

Lampu taman tenaga surya yang digunakan untuk dekorasi dibuat dengan banyak model dan desain serta mengandung unsur seni. Bentuk lampunya sangat bervariasi, ada berbentuk seperti hewan atau dengan desain yang bertema liburan. Lampu ini sering digunakan untuk menandai jalan setapak atau daerah sekitar kolam renang.

Saat siang hari lampu tenaga surya mengisi ulang baterainya yang akan digunakan pada malam hari. Menjelang malam lampu ini akan secara otomatis menyala dan ada beberapa menyala secara manual. Batas waktu menyala sekitar 8 hingga 10 jam, tergantung berapa banyak sinar matahari yang diperoleh saat siang hari.

Lampu tenaga surya memang tidak terlalu terang dibandingkan lampu yang menggunakan tenaga listrik. Lampu ini relatif murah, mudah dipasang, dan hemat energi.

by manado.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *