Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan berharap penerangan lampu jalan Kota Tapaktuan dari tenaga listrik diganti tenaga surya dapat berfungsi bulan Ramadhan 1437 hijriah atau sekitar Juli 2016.

Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Sumberdaya Mineral (Distamben) Kabupaten Aceh Selatan, Drs H Samsulijar kepada GoAceh.co, Rabu (11/5/2016) menuturkan, demi penghematan daya listrik tenaga diesel dan efisiensi anggaran diharapkan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) segera dipasang dan berfungsi pada bulan puasa tahun ini.

“Pergantian lampu jalan ke tenaga surya bersumber dari APBN Tahun 2016 melalui Kementerian ESDM Dirjen Energi Baru Terbaru dan Konservasi. Ke depan daya listrik yang disuplay PLN akan lebih hemat sekaligus anggaran yang dikeluarkan pemerintah daerah juga irit. Kita harap program ini cepat terealisasi,” ujar Samsulijar.

Menurut Kadis Distamben, Kota Tapaktuan mendapat kuota 100 unit PJUTS dan Refrofit Led sebanyak 260 unit. Program ini telah dilaksanakan kontrak kerjasama dengan Kementerian ESDM Dirjen Energi Baru Terbaru dan Konservasi.

“Dari 10 kabupaten/kota di Indonesia, Kabupaten Aceh Selatan termasuk salah satu daerah yang mendapat bantuan lampu jalan tenaga surya dari pemerintah pusat. Kalau tidak salah pekerjaan ini akan dilaksanakan PT Wirakarya (WK),” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *