PJUTS kudusKUDUS – Lampu penerangan jalan-jalan umum (PJU) yang berada di beberapa titik Kabupaten Kudus memang sudah ada yang diganti dengan tenaga surya. Namun dengan di sisi lain,lampu tersebut juga ada kelemahannya disaat musim hujan, karena tidak ada terik matahari. Sehingga kuantitas sinar yang dipancarkan berkurang.

”Untuk perawatan, kami selalu mengecek setiap pekannya. Supaya lampu ini bisa terawat dengan baik. Pasti setiap produk itu ada keunggulan dan kelemahannya. Namun kita akui lampu penerangan jalan umum tenaga surya yang berada di Desa Ngembal Kulon,Kecamatan Jati sebanyak 12 paket ini bisa menghemat biaya sebesar 30% dari anggaran Pemkab untuk membayar listrik Rp 2,5 miliar/bulannya,” kata Tulus Santoso, Kasi Energi, Dinas Bina Marga,Pengairan, dan Sumberdaya Mineral, Kabupaten Kudus.

Menurutnya, selain ada pengaturan program waktu penyalaannya, lampu ini juga dilengkapi dengan pengaturan redup dan terangnya sinar. Sehingga di saat musim hujan lampu tenaga surya tersebut masih menyimpan tenaga atau sinar jika terik matahari tidak ada untuk diserap.

by murianews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *