Walikota  Batam Ahmad Dahlan meresmikan pemasangan solar home system atau pembangkit listrik dengan bantuan tenaga surya di  Pulau Panjang Barat dan Pulau Panjang Timur, Kelurahan Desa Setokok Kecamatan Bulang Kota Batam, Senin (27/1).
Jumlah rumah yang mendapat bantuan pemasangan solar home system ini sebanyak 459 unit. Program ini merupakan program Pemko Batam tahun 2013 untuk mengentaskan kemiskinan.

Walikota Batam Ahmad Dahlan dalam sambutannya mengatakan, sebenarnya masih banyak rumah warga  yang belum mendapatkan pemasangan solar home system ini. Dari data yang ada sekitar 1400 rumah lagi yang belum mendapatkan pemasangan solar home system. Rumah-rumah tersebut semua berada di kawasan hinterland.

” Nanti rumah yang belum dapat akan kita bantu. Insya Allah tahun 2016 semua kawasan hinterland terang. Program ini murah meriah. Karena itu harus berkelanjutan, “paparnya.

Dahlan menambahkan, Pemko Batam tidak hanya melakukan pembenahan terhadap aliran listriknya. Tetapi  kedepannya, juga akan membuat pelabuhan rakyat.

” 2015 pelabuhan akan dibuat di Teluk Panjang, ” ucapnya.

Kepala Dinas UMKM Kota Batam Febrialin mengatakan,  selama ini untuk memenuhi kebutuhan penerangan, masyarakat Pulau Panjang menggunakan mesin diesel. Dimana jam operasionalnya mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

” Kalau sudah menggunakan tenaga surya kan bisa lebih hemat dan hidup lampunya bisa 24 jam lamanya, “kata dia.

Kata dia, bantuan kepada 458 unit rumah di Pulau Panjang, terdiri dari 3 unit lampu, aki dan interper. Sementara daya listrik yang dihasilkan mencapai 360 watt dari AC ke DC.

“Dengan daya tersebut, masyarakat pulau Panjang bisa menghidupkan TV, Kulkas, Lampu dan lain sebagainya. Total bantuan yang sudah diberikan sebanyak 1558 unit, “tambahnya.

Ia juga menyebutkan, program ini juga melibatkan Pemerintah Provinsi Kepri. Dengan angka perbandingan dua banding satu. ” Anggaran kita tahun ini, pergesaran energi direkomkan menggunakan tenga diesel, namun dengan perkembangan dan semakin besar operasional dan harga solar makanya digeser. Dengan pergeseran ini jauh lebih baik, ” paparnya.

Kata dia, untuk tahun 2014 ini, setidaknya anggaran yang sudah disiapkan mencapai Rp4,2 miliar. Dan dana tersebut, sudah termasuk perencanaan yang diperuntukan untuk 414 unit perumahan (byu)

Sumber : Haluankepri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *