pju bandung

Bandung – Tak hanya klasik, Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Jalan Asia Afrika Kota Bandung didesain unik. Dua model teranyar PJU tempo dulu ini dihiasi simbol tim kebanggaan warga Jawa Barat, Persib Bandung.

Pada puncak tiang lampu, terlihat jelas penampakan patung Maung Bandung sebagai ikon tim yang sangat dibanggakan bobotoh. Penempatan serta skalanya yang pas, membuat tampilan PJU bergaya tempo dulu semakin cantik.

Sekretaris Dinas Bina Marga (DBMP) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, PJU model teranyar ini merupakan ide dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Hiasan Maung Bandung, dipercaya Ridwan Kamil dapat menunjukkan ciri khas sebenarnya Kota Kembang.

“Awalnya Pak Wali ingin ada hiasan binatang khas Bandung banget. Tetapi kan tidak ada dan yang ngetop tim Persib Bandung. Jadinya kita gunakan maung karena sangat identik dengan Persib,” kata Didi kepada wartawan via telepon, Jumat (27/3/2015).

Dia menjelaskan, dua model PJU teranyar itu telah terpasang di beberapa titik lokasi. Model pertama yakni tiang dekoratif yang berbentuk melungkung, sedangkan model kedua yang rumah lampunya berbentuk cempor. Keduanya pun diberi nama Maung Bandung.

“Namanya Maung Bandung satu dan Maung Bandung dua. Sudah terpasang di Asia Afrika 55 tiang (MB1), Cikapundung Timur 22 tiang (MB2), Naripan 10 tiang (MB1), Braga 109 tiang (MB2) dan Dalemm Kaum 34 tiang (MB2),” jelasnya.

Didi menambahkan, pemasangan PJU telah dilakukan sejak pekan kedua Maret. “PJU ini sebenarnya sudah masuk program, model lama akan diganti model klasik. Karena KAA, jadi pemasangannya dipercepat,” tandas dia.

www.inilahkoran.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *