Kasi Energi Dinas BPESDM KudusKUDUS – Setelah diketahui biaya listrik untuk penerangan jalan umum (PJU) seluruh Kabupaten Kudus membengkak Rp 2,5 miliar/bulan. Saat ini dinas BPESDM berupaya memasang lampu penerangan jalan dengan sistem tenaga surya.

Kasi energi dinas BPESDM Kudus Tulus Santoso menjelaskan, sebenarnya jika lampu kota ini bisa dialihkan ke tenaga surya maka pemda bisa menghemat biaya listrik sebesar 30% setiap bulannya.

Dengan adanya sistem tenaga surya tersebut, maka dinas tersebut memasang lampu berkekuatan sinar matahari sebanyak 26 titik, di seluruh Kabupaten Kudus.

”Alhamdulillah saat ini kami sudah memasang lampu tenaga surya ini sebanyak 26 buah. Di antaranya terdapat di Desa Megawon, Kecamatan Jati sebanyak 12 titik dan Desa Pladen, Kecamatan Jekulo sebanyak 14 titik,” papar Tulus.

Selain itu, ke depannya juga dipasang kembali sebanyak 13 titik di daerah Kecamatan Jekulo.

”Untuk selanjutnya kami melanjutkan lagi pengadaan lampu tenaga surya tersebut. Yaitu di Desa Bulungcangking, Kecamatan Jekulo menuju wilayah Pati (Sukolilo) sebanyak 13 lampu,” imbuh Tulus.

by murianews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *