World Solar Challenge 2013MICHIGAN – Universitas Michigan, yang telah meraih dua gelar juara bertahan American Solar Challange, sangat berharap banyak pada ajang kompetisi menggunakan tenaga matahari kelas internasional yang akan kembali digelar tahun ini di Australia.

World Solar Challenge menerapkan peraturan baru dimana tiap mobil yang digunakan memiliki bobot yang ringan, minimal memiliki 4 roda, dan juga harus aerodinamis. Dari ketentuan baru tersebut, menjadikan Mobil Tenaga Surya hasil karya Universitas Michigan yang diberi nama Generation, ruang pengemudinya harus dipindah ke sisi kiri.

Letak ruang pengemudi berada diantara fairing dan roda. Ketika masih menggunakan model roda tiga, letak ruang pengemudi berada di tengah. Letak seluruh baterai dan tenaga penggerak berada di sisi kanan. Dengan begitu, menjadikan mobil generation tampak asimetris (tidak simetris). Meskipun begitu, menjadikannnya lebih efisien karena tabung penutup ruang pengemudi tidak menutupi sel surya yang terdapat pada permukaan mobil.

Mobil dengan bobot total beserta pengemudi yang hanya 225 kg ini dapat mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam lebih. Tenaga pada sel surya akan digunakan secukupnya untuk menempuh balapan sepanjang 2.896 km saja.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Fox News, Rabu, 19 Juni 2013, bahwa rute yang akan digunakan dalam ajang World Solar Challenge dari kota Darwin menuju Adelaide. Ajang tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 6-13 Oktober 2013 yang akan datang. Sejarah yang dicatat oleh Universitas Michigan dalam ajang World Solar Challenge yaitu berhasil finish sebanyak tiga kali secara berurutan dari total lima perlombaan.

Sumber By www.cahiya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *