sapu-angin-itsSurabaya – Mobil tenaga surya karya para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, Jawa Timur, siap terbang ke Australia. Mobil bernama Sapu Angin Surya itu akan berlaga di lomba World Solar Challenge 2013 di negeri kangguru tersebut.

Ajang lomba mobil bertenaga surya tingkat dunia tersebut akan digelar 6 hingga 13 Oktober mendatang. Sebelum bertanding, mobil Sapu Angin Surya menjalani sejumlah persiapan. Antara lain perakitan, uji coba hingga peluncuran perdana pada saat Dirgahayu Republik Indonesia, pada 17 Agustus.

Bisa tampil di ajang bergengsi kelas internasional itu sungguh membanggakan. Apalagi karya ITS ini menjadi perwakilan satu-satunya dari Indonesia. Sapu Angin Surya akan bertanding dengan mobil-mobil tenaga surya lain yang berasal dari perguruan tinggi ternama di 26 negara dunia. Perguruan tinggi itu antara lain Tokai University (Jepang), Stanford University (Amerika Serikat) dan MIT (Amerika Serikat).

Dalam lomba, Sapu Angin Surya masuk kategori pertandingan challenger class yaitu kelas mahakarya (masterpiece) untuk mobil surya yang dapat dikembangkan. Wah hebat! Semoga berhasil dan menjadi juara!

 

Sumber By www.berani .co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *