PJU Tenaga Surya banyak dicuri

BANGKA — Lampu Penerang Jalan Umum (PJU) yang menggunakan tenaga surya akan diganti dengan tenaga listrik dari PLN. Hal tersebut dikarenakan banyaknya panel surya dan aki yang hilang akibat dicuri orang.

Pemkab Bateng melalui dinas perumahan,kawasan pemukiman dan perhubungan akan menggandeng pihak PLN ranting koba dalam penerangan disepanjang jalan Koba menuju Pangkalpinang. Kepala dinas perumahan, kawasan permukiman dan perhubungan bateng, Ariyanuar mengatakan pihaknya akan mengganti seluruh PJU dari tenaga surya ke listrik.

“Nanti seluruhnya kita ganti ke jaringan listrik jadi tidak ada lagi tiang lampu yang pakai panel surya di bangka tengah karena panel surya ini sangat diminati oknum yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya, Kamis (16/3/2017). Untuk awal, pihaknya akan memasang 10 unit lampu PJU di area jalan raya pantai terentang ke penyak terlebih dulu.

Jika pemasangan tersebut dinilai berhasil, maka akan dilanjutkan ke seluruh tiang PJu yang ada di Bangka Tengah. “Tapi untuk mengganti dari panel surya ke listrik ini masih harus diakuisisikan lagi bersama pln karena ada satu panel yang harus diganti,” tambahnya. Pihaknya menargetkan sebelum bulan agustus 2017 ini, lampu tersebut sudah terpasang dengan menggunakan aliran listrik dari PLN.

“Secepatnya harus segera terealisasikan karena penerangan jalan ini sangat diperlukan pengendara, terlebih lagi pada malam hari,” ungkap Ari. Iapun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga fasilitas umum yang ada sehingga fungsinya dapat dirasakan bersama.

Sumber berita by http://bangka.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *