PJU TENAGA SURYA ONE LEDMatahari adalah sumber energi, melalui energi itu Pemkab Tapin memasang beberapa lampu tenaga surya untuk penerangan jalan umum.

Listrik tenaga surya itu dipasang sebagai penerang jalan umum itu di Pasar Baru Keraton di Jalan Darussalam dan jalan tembus Keraton.  Ada tujuh tiang listrik bertenaga surya dipasangi di pasar tersebut.

Menurut Kadis Tata Kota dan Kebersihan Tapin, H Rajudin, dipasangnya listrik tenaga surya di Pasar Baru Keraton itu, supaya tetap menyala ketika listrik PLN padam.

Di samping itu, kata H Rajudin, berdasarkan perhitungan, listik tenaga surya lebih murah dan menghemat BBM. Namun kelemahannya, jika rusak, maka harus mendatangkan ahli dari Banjarmasin.

Menurut H Rajudin, ada sejumlah 27 unit listrik tenaga surya itu dipasang di beberapa titik di seputar kota Rantau, Tapin.

Tahun depan, kata H Rajudin, pembelian listrik tenaga surya akan ditingkatkan, sebab pasokan listrik PLN masih terbatas, sementara keperluan listrik mendesak, sehingga solusinya menggunakan listrik tenaga surya.

Sumber by : http://banjarmasin.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *