Pejabat Mukomuko.bursaenergiMetrotvnews.com, Mukomuko: Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu pada 2016 mengusulkan anggaran Rp7,3 miliar untuk membeli lampu jalan umum tenaga surya.
“Tahun ini yang keempat kali kami mengusulkan anggaran untuk membeli lampu jalan umum (JPU) tenaga surya. Kami berharap usulan itu direalisasikan,” kata Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Mukomuko Bachtiar Syofian di Mukomuko dikutip dari Antara, Minggu (17/1/2016).

Ia menjelaskan dengan usulan anggaran sebesar Rp7,3 miliar, rencananya lampu jalan umum itu dipasang mulai dari depan Kantor Kecamatan Kota Mukomuko menuju  Kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang berjarak sejauh sekitar lima kilometer.

Selain itu, lanjutnya, di jalan dua jalur dari simpang lampu merah di Kelurahan Bandar Ratu hingga ke rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat. “Panjang jalan umum yang dipasang lampu tenaga surya hampir sejauh 10 kilometer,” ujarnya.

Ia mengatakan usulannya itu sudah sesuai dengan perencanaan. Dan lampu jalan umum itu sudah menjadi prioritas pembangunan di daerah itu. Warga Kelurahan Bandar Ratu Hartono berharap pemerintah setempat memasang lampu jalan umum untuk mengantisipasi tindakan kriminal di wilayahnya.”Kecamatan Kota Mukomuko ini merupakan pusat ibu kota kabupaten. Tetapi kenyataannya tidak ada lampu jalan umum,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *