Samosir (ANTARA News) – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memprogramkan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan listrik Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

“Ada 400 unit, tetapi jumlah ini belum bisa memasok kebutuhan ribuan rumah tangga yang belum menikmati jaringan listrik,” kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Samosir Hot Raja Sitanggang, Rabu.

Hot Raja mengatakan, Dinas Koperindag sudah melakukan pendataan kepada masyarakat dengan melibatkan peran dari kepala desa dan camat.

“Kita upayakan penyaluran PLTS nantinya bisa tepat sasaran,” kata Hot Raja.

Selain pendataan kata Hot Raja, pihaknya melakukan pendataan dan survei lapangan sebagai persiapan untuk mengundang Kementrian ESDM ke Samosir dan langsung memberikan PLTS.

Beberapa desa yang belum terbangun jaringan listrik terletak di Kecamatan Nainggolan masing-masing di Desa Pananggangan Dusun Sianitak, Dusun Sitapongan, sedangkan Kecamatan Simanindo berada di Dusun Sihusapi.

Untuk Kecamatan Palipi di Desa Saornauli Hatoguan, Dusun Nahornop, Dusun Tangga Bosi dan di Desa Simbolon Purba Dusun Siumpat.

Sumber : http://www.antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *