PJU.bursaenergiJEPARA – Ratusan lampu tenaga surya proyek Pemprov Jateng tahun ini diserahkan ke Pemkab Jepara. Meski begitu, pemkab melalui Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM enggan menerimanya sebelum ada perbaikkan terlebih dulu.
Kabid ESDM Ngadimin mengungkapkan jumlah lampu tenaga surya milik provinsi ini ada 120-an buah. Lampu-lampu itu, terpasang di sejumlah daerah. Diantaranya di wilayah Kecamatan Nalumsari, Batealit dan Keling. ”Sampai saat ini, kami masih membantu mendatanya dulu. Berapa jumlah detilnya dan jumlah kerusakannya berapa buah. Hal ini untuk membantu provinsi dalam melakukan perbaikkan agar lampu-lampu yang diserahkan ke pemkab hidup semua,” ungkap Ngadimin.
Mengenai penyerahan resmi, Ngadimin mengaku, belum mengetahuinya. Yang jelas, pihaknya menunggu agar pemprov melakukan perbaikkan terlebih dulu pada lampu-lampu tersebut sehingga pemkab menerimanya dalam kondisi maksimal. ”Yang jelas tahun ini lampu tenaga surya diserahkan ke pemkab,” imbuhnya.
Ngadimin menjelaskan, untuk memaksimalkan penerangan di wilayah kota hingga perdukuhan, tahun ini pemkab juga menganggarkan untuk proyek penerangan jalan umum (PJU) sebesar Rp 1 miliran lebih. PJU ini tidak bertenaga surya seperti proyeknya pemprov karena masih menggunakan aliran listrik biasa. ”Kami memaksimalkan proyek penerangan jalan perdukuhan dan wilayah kota yang belum ada lampunya. Seperti di Ngabul kanan kiri menuju ke arah kota. Ini sekaligus melanjutkan proyek penerangan jalan tahun sebelumnya yang belum tersentuh,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *