Pemkab Mojokerto berencana akan segera mengganti semua Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang ada di Kabupaten Mojokerto pada tahun 2013 mendatang. Semua LPJU yang ada tersebut akan diganti dengan lampu tenaga surya atau lampu tenaga matahari.

Bupati Mojokerto, Mustafa Kamal Pasa mengatakan, saat ini Pemkab Mojokerto tenggah mengajukan bantuan terkait hal tersebut ke Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Kita saat ini mengajukan lampu tenaga matahari atau solar sell ke Kementrian ESDM,” ungkapnya, Senin (11/06/2012).

Selain mengajukan bantuan lampu tenaga matahari, masih kata orang nomor satu di Kabupaten Mojokerto ini, Pemkab Mojokerto juga mengajukan anggaran ke Kementrian ESDM. Anggaran yang diajukan Pemkab Mojokerto tersebut sebesar Rp 200 milyar.

“Lampu penerangan dengan tenaga matahari ini bisa menghemat anggaran listrik yang cukup besar. Selain itu, lampu dengan tenaga matahari ini juga menggunakan LED sehingga hemat energi dan ramah terhadap lingkungan serta dapat menjangkau ke semua wilayah yang ada di Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

Masih kata Bupati, pihaknya menargetkan pada tahun 2013 mendatang, semua LPJU di Kabupaten Mojokerto sudah menggunakan solar sell atau lampu dengan tenaga matahari. Diharapkan, dengan penggunaan lampu jenis ini bisa menjangkau wilayah pelosok yang tidak terjangkau intalasi listrik.[tin/ted]

Sumber by www.beritajatim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *