Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengusulkan permintaan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya ke pemerintah pusat untuk penerangan listrik masyarakat desa setempat.

“Usulan permintaan bantuan PLTS sebanyak 392 unit sudah diajukan ke Kementerian ESDM khusus untuk kalangan masyarakat Kecamatan Padang Ulaktanding terutama Desa Ujanmas dan masyarakat Trans Bukitbatu yang selama ini belum dijangkau penerangan listrik,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Rejanglebong, Darmansyah, Sabtu 30 Juni 2012.

Kedua desa yang saat ini belum dijangkau listrik PLN tersebut kata dia, diusulkan agar dapat bantuan sarana penerangan PLTS dengan rincian sebanyak 220 kepala keluarga (KK) berada di Desa Ujanmas dan 172 KK untuk masyarakat Desa Trans Bukitbatu.

Mengingat perumahan di kedua desa antara satu dengan lainnya masih banyak yang berjauhan, maka pihaknya kata dia mengusulkan permintaan bantuan PLTS jenis SHS atau solare home system, dimana type ini dapat digunakan perorangan tanpa harus menggunakan instalasi maupun gardu induk.

Untuk itu dia berharap, usulan yang mereka ajukan akan mendapat respon dari pemerintah pusat, sehingga nantinya dapat membantu kalangan masyarakat setempat guna menikmati sarana penerangan baik untuk aktifitas belajar anak-anak serta kegiatan lainnya.

Selama ini kalangan masyarakat kedua desa tambah dia, menikmati penerangan listrik dengan menggunakan mesin genset atau menyambung dengan warga lainnya yang memiliki mesin serupa, namun listrik ini hanya menyala pada malam hari saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *