Traffick Light.BursaenergiUntuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas yang kerap terjadi, Pemko Medan diharapkan mengganti arus listrik menjadi  tenaga surya pada semua traffic light. “Biar tidak macet lagi, seharusnya kita pakai lampu bertenaga surya dan mengganti semua lampu yang selama ini pakai tenaga listrik,” jelas Kasat Lantas Polresta Medan, Kompol Rizal Moelana kepada wartawan ,di sela-sela mengatur arus lalulintas di Lapangan Merdeka.

Dijelaskannya , selama ini pemadaman listrik secara tiba-tiba mengakibatkan  kemacetan lalulintas. Selain itu, pergantian lampu berdaya surya ini menurutnya  sangat efisien dan efektif dibandingkan dengan lampu beraliran listrik. “Bila kita masih tetap mempertahankan lampu bertenaga listrik dan  terjadi  pemadaman baik siang maupun malam hari seperti pada waktu yang lalu, sejumlah persimpangan jalan menjadi macet total.Namun apabila semua lampu di kota Medan sudah menggunakan lampu bertenaga surya setidaknya kemacetan lalulintas saat mati lampu dapat teratasi.

Pasalnya, kelebihan lampu bertenaga Surya ini,  akan menyimpan dayanya pada saat siang hari. Saat hari mulai gelap ataupun malam secara otomatis lampu ini akan menyala secara sendirinya, sehingga kita tidak akan khawatir lagi bila terjadi pemadaman listrik,” tutur Rizal.
Rizal menambahkan, selama ini, PT PLN tidak  pernah memberi informasi bila akan melakukan pemadaman aliran listrik.”Oleh sebab itu, saya mengharapkan agar Pemko Medan menggunakan lampu tenaga surya untuk mencegah terjadinya kemacetan arus lalulintas, ” ujarnya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *