BONTANG – Pencapaian pelaksanaan enam program prioritas yakni meningkatkan infrastruktur listrik dan air, pendidikan dan kesehatan, bantuan 50 juta per RT, kesempatan bekerja, lingkungan hidup dan komitmen bersama sasaran target, pelaksanaannya pada  2015 ini telah mencapai realisasi sekitar 80 persen.
Demikian ditegaskan Wali Kota Bontang Adi Darma pada pelaksanaan konferensi pers yang digelar di Rumah Jabatan Wali Kota Bontang Jalan Awang Long Kelurahan Bontang Bar,  belum lama ini.
Terkait capaian realisasi pemenuhan listrik dan air bersih untuk masyarakat, Adi Darma menyatakan telah tuntas dilaksanakan. Pemerintah menurutnya telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang menghasilkan daya kurang lebih 11 MW. PLTMG ini selanjutnya terkoneksi dengan jaringan PLN Cabang Bontang.
“Tentunya masyarakat sekarang sudah melihat dan merasakan langsung komitmen kami dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dan perbandingannya dapat dirasakan. Kalau dulu kerap terjadi pemadaman bergilir lantaran PLN kekurangan daya listrik. Alhamdulillah, sekarang pemadaman bergilir sudah tidak ada lagi. Kalaupun terjadi pemadaman tidak berlangsung lama, hanya dikarenakan gangguan teknis bukan karena kekurangan daya,” terang Adi Darma.
Wali Kota Adi Darma juga menjelaskan bahwa pemenuhan masalah listrik tidak hanya untuk masyarakat Bontang yang bermukim di perkotaan. Tetapi juga untuk masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir. Untuk wilayah pesisir, meskipun belum secara keseluruhan, tetapi hingga saat ini tercatat dua pulau telah terpenuhi kebutuhan listriknya yakni, Selangan dan Melahing.
“Untuk wilayah Selangan dan Melahing, kebutuhan listriknya telah terpenuhi dengan diselesaikannya pembangunan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya, Red) sistem komonal dengan daya 15 Kwh. Syukur hal itu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pesisir. Untuk pulau-pulau lainnya seperti di Tihik-tihik, Pagung , dan Gusung, Pemkot Bontang akan membangun lagi tiga PLTS yang saat ini pelaksanaan pembangunannya masih on progress,” terang Adi Darma
Selanjutnya dikatakan, pembangunan di Kota Taman harus terus berlanjut dan pemerintah  terus bekerja dalam mewujudkan serta menuntaskan seluruh program prioritas pemerintah yang saat ini belum terselesaikan secara keseluruhan. Khususnya dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat. (hms7/san/k16)
Sumber : http://www.kaltimpost.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *