Instalasi lampu LED.BursaenergiJambi (ANTARA Jambi) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi akan memasang sebanyak 400 Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) jenis Light Emitting Diode (LED) di sejumlah ruas jalan protokol di kota itu karena ramah lingkungan dan menghemat energi.

“Untuk pemasangan 400 lampu jalan LED ini Pemkot Jambi sudah menggelontorkan anggaran senilai Rp2,1 miliar,” kata Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Jambi Moncar di Jambi, Senin.

Dia mengatakan, sebanyak  400 lampu LED tersebut akan dipasang pada titik jalan protokol yang telah ditentukan dan saat ini yang sudah terpasang sekitar 40 lampu LED.

Pembayaran listrik untuk lampu penerangan jalan umum yang lama saat ini mencapai Rp900 juta – Rp1,1 miliar setiap bulan. Sebab itu dengan selesainya pemasangan lampu LED ini, tentunya  akan lebih menghemat lagi pengeluaran untuk pembayaran lampu penerangan jalan tersebut.

Sedangkan untuk lampu penerangan jalan yang lama, Kata Moncar akan digunakan untuk kawasan tempat tinggal masyarakat yang belum memiliki lampu penerangan jalan.

Sebelumnya, Wali Kota Jambi Sy Fasha mengatakan pemasangan yang dilakukan pada tahun 2015 merupakan tahap uji coba sepanjang 10 km, yaitu untuk Jl Soekarno Hatta, Jl Sudirman, Jl Slamet Riyadi, Jl Soemantri Brojonegoro, Jl Pattimura, Jl Yusuf Singadekane serta Jl Diponegoro Kota Jambi.

“Tahun 2016 kita targetkan semua ruas jalan protokol di Kota Jambi sudah diterangi dengan menggunakan smart lamp (LED),” katanya.

Dia menjelaskan, saat ini sebagian besar Pemerintah Daerah masih mengunakan LPJU konvensional, padahal saat ini sudah tersedia lampu hemat energi, seperti LED yang sangat efisien dimana dapat menghemat energi sampai 70 persen.

“Dengan penggunaan lampu penerangan LED itu merupakan langkah pemerintah dalam upaya penghematan energi dan juga menjadikan kota layak huni (livable city),” katanya menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *