sumur tenaga surya.bursaenergiPariaman, (Antara) – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, membangun sebanyak 12 unit sumur bor menggunakan tenaga Surya untuk memperlancar sistem irigasi pertanian di daerah itu.
“Kita perkirakan 12 unit sumur bor itu akan bisa dioperasikan pada Februari 2015,” kata Sekretaris Dinas Pertanian setempat, Dewi Sastra di Pariaman, Selasa.
Pembangunan 12 unit sumur bor itu tersebar di empat kecamatan yang akan difungsikan 12 kelompok tani sawah tadah hujan di kota itu.
“Dari 12 unit sumur yang sedang dikerjakan, enam di antaranya berada di Kecamatan Pariaman Selatan karena di sana sawah tadah hujan lebih dominan,” ucap dia.
Bantuan sistem irigasi yang menggunakan tenaga surya tersebut diharapkan dapat memacu produksi gabah petani setiap tahunnya untuk menunjang swasembada pangan. Sebelumnya para petani di Kecamatan Pariaman Selatan cukup disulitkan dengan sistem irigasi sumur bor yang menggunakan mesin berbahan bakar solar, para petani harus mengeluarkan biaya operasional untuk mengaliri sawah mereka dengan air. “Sebelumnya petani banyak mengeluh dengan sistem irigasi menggunakan diesel, mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli minyak solar agar bisa mengoperasikan sumur bor tersebut,” jelasnya.
Untuk pembangunan 12 unit sumur bor menggunakan tenaga surya tersebut pemerintah setempat mengeluarkan dana mencapai Rp1,2 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).Ia berharap kepada 12 kelompok petani yang akan menerima bantuan ini bisa menjaga dan memelihara alat tersebut sehingga bisa dipergunakan semaksimal mungkin.
Terpisah Ajo (45) salah seorang petani di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan, mengaku menyambut baik bantuan yang diberikan oleh pemerintah setempat. Ia berharap dengan adanya bantuan sumur bor menggunakan tenaga matahari dapat memperkecil biaya operasional dan meningkatkan hasil produksi gabah.
One Response to Pemkot Pariaman Bangun 12 Sumur Tenaga Surya
  1. pekerjaan proyek tenaga surya di kecamatan pariaman selatan khusus desa sungai kasai,,kurang maksimal karena,, tidak sesuai dengan bestek atau / gambar..salah satu contoh tidak mempunyai baterai atau AKI


[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *