SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan memasang lampu LED (light emitting diode ) di sejumlah jalan protokol. Lampu ini diklaim lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Badan Peren canaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang M Farchan me ngatakan dana pem belian lampu LED ber asal dari bantuan hibah mur ni Asian Deve lopment Bank (ADB) se nilai USD100.000 yang difasilitasi Kementerian ESDM melalui pro gram Asian Energy Efficien cy Accelerator.

Sema rang menjadi satusatunya kota di Indonesia yang mendapat bantuan tersebut. Sedangkan untuk kategori rural dipilih Kabupaten Batang. Rencana penyerahan dana hi bah ditandai dengan penanda tanganan memorandum of agree ment (MoA) antara ADB, PLN, Ke menterian ESDM, dan daerah penerima hibah di Balai Kota Semarang pada 20 Maretmendatang.

Menurut Farchan, nilai hibah sebesar itu bisa untuk membeli 108 unit lampu yang akan dipasang di sepanjang Jalan Soegijapranata dan Jalan Jenderal Sudirman. “Lampu ini bisa mengurangi penggunaan energi listrik khususnya pada lampu penerangan jalan umum,” kata Farchan ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Dengan penghematan ini maka banyak manfaat yang bisa diraih. Selain bisa menghemat pembayaran listrik ke PLN juga lingkungan tetap terjaga kelestariannya. Pengadaan lampu LED akan dilakukan dengan cara lelang sehingga besar kemungkinan dengan pagu anggaran sebesar itu lampu LED yang siap pasang akan lebih banyak. “Kalau lebih banyak dari 108 lampu LED ini akan dipasang di Jalan Pemuda,” ujarnya.

Proses lelang rencananya melalui uji di lapangan yang akan dilaksanakan pada Sabtu (28/2) besok di Jalan Pandanaran dan Soegijapranata. “Pengujian lampu para calon pemenang lelang akan dilak sanakan mulai pukul 22.00 WIB sampai selesai sehingga ada penutupan sebagian ruas jalan, kami berharap masyarakat bisa memahami,” papar Farchan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga berencana melihat langsung pengujian lampu dari para rekanan tersebut. “Pak Wali, insya Allah akan hadir, pengujian lampu ini penting untuk memastikan kualitasnya,” ujarnya. Setelah lampu LED terpasang, lampu lama akan dipasang di daerah pinggiran yang masih membutuhkan.

“Sesuai dengan petunjuk Pak Wali, lampu lama akan dikirim ke daerah pinggiran, agar distribusi PJU lebih merata,” kata Hendrar Prihadi. Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Semarang Gunawan Saptogiri mengatakan menyambut baik penggunaan lampu yang ramah lingkungan. Pihaknya sedang me ngajak ma syarakat untuk menjaga ling kungan dari pencemaran. Termasuk pencemaran dari radiasi cahaya lampu yang tidak ramah ling kungan.

Sumber : http://www.koran-sindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *