gambar9

PT PLN (Persero) Rayon Timika tahun ini akan mengaliri listrik 4.458 rumah penduduk di wilayah pedalaman Kabupaten Mimika, Papua.

Manajer PLN Timika, Semuel Farwas di Timika, Sabtu (5/5) mengatakan untuk melistriki rumah-rumah penduduk di pedalaman Mimika maka dibutuhkan kerja sama dengan Pemkab setempat untuk membangun jaringan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) melalui program pemasangan Lampu Super Hemat Energi (LSHE).

Farwas mengatakan terdapat 4.458 bangunan yang tersebar di sembilan distrik pedalaman Mimika hingga saat ini sama sekali belum menikmati penerangan listrik.

“Kami sudah menyurati Dinas Pertambangan dan Energi Mimika agar segera merealisasikan rencana pemasangan LSHE di rumah-rumah penduduk di pedalaman yang sampai saat ini belum menikmati penerangan listrik,” tuturnya.

Farwas mengatakan beberapa waktu lalu dirinya diundang DPRD Mimika untuk mempresentasikan program PLN dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang bermukim di wilayah pedalaman.

“PLN punya niat untuk melistriki rumah-rumah penduduk sampai di daerah-daerah yang sulit terjangkau. Lantaran masyarakat tidak punya uang untuk memasang LSHE, makanya kita dorong DPRD. Syukur, DPRD Mimika merespon hal ini,” ujar Farwas.

Setelah mendengarkan penjelasan PLN Timika, kalangan DPRD setempat akhirnya menyetujui untuk merealisasikan anggaran sebesar Rp1,2 miliar untuk pemasangan LSHE pada 4.458 bangunan rumah milik masyarakat yang tersebar pada sembilan distrik di pedalaman.

“Anggarannya sudah disetujui oleh DPRD Mimika, tinggal direalisasikan ke PLN. Kalau anggarannya sudah ada, kita segera proses pemasangan jaringan PLTS di pedalaman,” jelas Farwas.

Menurut dia, anggaran tersebut sudah termasuk pengadaan material PLTS, LSHE, biaya pemasangan jaringan, transportasi petugas, serta dana deposit setiap pelanggan selama kurun waktu enam bulan.

Sejauh ini masyarakat yang sudah menikmati penerangan listrik melalui fasilitas LSHE menggunakan PLTS yaitu di Kampung Paumako dan Logpon Distrik Mimika Timur, Atuka Distrik Mimika Tengah, Kokonao Distrik Mimika dan sejumlah kepala keluarga di Kapiraya Distrik Mimika Barat Tengah.

Sumber by www.actual.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *