pemasangan pju

Kalangan DPRD Kabupaten Karanganyar menganjurkan pemasangan titik lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya pada tahun ini memilih lokasi tepat. Alasannya, pemasangan di lokasi kurang terpapar sinar matahari bakal kurang memaksimalkan perangkat tersebut.

Demikian dianjurkan Ketua Komisi C DPRD Karanganyar, Leo Edi Kusuma kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) selaku pengelola program PJU tenaga surya, Senin (16/03/2015). Leo mendapati program tersebut pada 2014 kurang berjalan baik karena titik PJU yang dipasang di area kurang paparan sinar matahari, ternyata tidak menghasilkan energi maksimal.

Misalnya, kata Leo titik yang terlanjur dipasang di lereng Gunung Lawu yang kurang mendapatkan sinar matahari karena tertutup bayangan pepohonan. Alhasil, tidak banyak sel surya yang bisa diserap baterai untuk menghasilkan energi. Dari seharusnya menyala sejak matahari tenggelam sampai menjelang pagi, ternyata PJU ini padam sebelum waktunya. Untuk itulah DKP diminta memetakan dahulu area tepat sebelum memasang PJU tersebut.

“Anggaran pengadaan lampu tenaga surya tahun ini dari Pemprov Jateng mencapai Rp 9 miliar. Jangan sampai muspra. Mumpung belum dilelangkan, DKP perlu melihat berbagai aspek, termasuk lokasi tepat pemasangan lampu itu,” terangnya.

Sumber : krjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *