Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karanganyar diminta menentukan titik-titik pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) bertenaga surya, di lokasi yang tepat.

Sebab pada pemasangan lampu PJU tenaga surya tahun lalu, banyak titik yang kurang pas sehingga fungsi lampu tidak optimal. Misalnya dipasang di area yang kurang mendapat sorotan sinar matahari, sehingga daya yang disimpan di baterai lampu PJU tidak terisi maksimal.

Ketua Komisi C DPRD Karanganyar Leo Edi Kusuma mengatakan, tahun ini rencananya ada pengadaan lampu PJU tenaga surya senilai Rp 9 miliar. Dana pengadaannya berasal dari anggaran Pemprov Jateng.

Lampu-400x241Menurutnya, tender untuk pengadaan lampu bertenaga matahari itu memang belum dilaksanakan. “Tapi DKP sudah bisa menentukan, titik-titik mana yang akan dipasangi lampu itu. Jangan sampai pengalaman tahun lalu terulang, di mana lampu dipasang di titik yang kurang pas. Seperti di kawasan lereng Gunung Lawu yang kurang mendapat sinar matahari, sehingga baterai tidak bisa terisi penuh,” katanya.

Atau lampu dipasang di bawah pohon, sehingga panel suryanya terhalang daun dan tidak bisa menerima cahaya matahari dengan baik. “Lokasi pemasangan mestinya bebas dari pohon-pohon besar. Kalau panel surya terhalang, baterai tidak bisa terisi penuh, otomatis durasi nyala lampunya juga jadi terbatas. Lampunya sudah mati sebelum pagi,” tuturnya.

Kualitas lampu yang digunakan, juga perlu diperhatikan. Dia meminta, agar kualitas lampu sesuai standar yang ditentukan. Sehingga fungsi lampu ketika dipasang nanti, benar-benar maksimal.

Pelaksana Tugas Kepala DKP Waluyo Dwi Basuki membenarkan, ada pengadaan lampu PJU tenaga surya pada tahun ini, dengan anggaran bersumber dari APBD Provinsi Jateng. “Anggarannya sudah masuk ke APBD kabupaten. Tapi pengadaannya masih menunggu persetujuan dari provinsi,” tuturnya.

Bupati Juliyatmono menambahkan, penggunaan lampu PJU tenaga surya bisa menghemat anggaran. Berapa besar penghematannya, nanti akan dihitung. “Sebelum ada PJU tenaga surya, kan memakai PJU bertenaga listrik. Penggunaan listriknya itu kan mbayar. Kalau kemudian pakai PJU tenaga surya, tentu bisa menghemat anggaran,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *