PLTSNanga Pinoh-RK. Penerangan merupakan masalah yang sampai hari ini terus menggerayangi sebagian besar masyarakat di Indonesia, termasuk di Kabupaten Melawi, terutama di daerah pedalaman. Lantaran masih banyak daerah yang belum tersentuh jaringan listrik PLN.

Tak pelak kondisi ini memantik keprihatinan wakil rakyat Melawi, Kluisen angkat bicara. “Kita prihatin dengan daerah-daerah yang tidak bisa menikmati listrik,” ujarnya.

Kluisen menyarankan, agar dilakukan upaya mengadakan listrik tenaga surya. Listik tenaga surya ini bisa saja dipasang pada satu rumah atau satu perangkat untuk beberapa rumah. Tetapi tidak memerlukan jaringan listrik.

“Persoalan pengadaan listrik di daerah kita adalah kurangnya jaringan listrik yang ada di Melawi,” ujarnya. Memang jaringan listrik di Melawi ini hanya berada di pusat kecamatan dan desa dekat dengan ibu kota kecamatan. Sementara masih banyak desa yang berada jauh dari pusat kecamatan yang tidak memiliki listrik.

Dia mengharapkan, agar pengadaan listrik tenaga surya ini bisa dilakukan setiap tahun. Mesti ada rumah masyarakat yang bisa diterangkan setiap tahun. Tentunya memprioritaskan daerah-daerah yang jauh dari jaringan listrik yang diperkirakan 10 tahun pun belum bisa diberi jaringan listrik.

“Daerah-daerah yag tidak mendapatkan penerangan karena jaringan listik jauh bisa diberi dengan listrik tenaga surya. Setiap tahun pemerintah mesti ada program ini. Supaya masyarakat mendapatkan penerangan,” ulasnya.

Pun begitu, kata Kluisen, pengadaan listrik tenaga surya ini mestinya menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Agar sektor lain pun bisa dibangun.

“Setiap tahun harus ada. Tetapi harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Pemerintah harus punya program ke sana,” lugasnya.

Menurutnya, kebutuhan penerangan ini bukan hanya kewajiban pemerintah untuk mengadakannya. Tetapi juga menjadi peluang bagian perihal lain, seperti pihak swasta. Dia berharap, kekurangan listrik di Kabupaten Melawi bisa dilirik swasta sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

“Listrik ini tidak sepenuhnya milik pemerintah, tetapi milik swasta. Swasta bisa terlibat juga,” harapnya.

By rkonline.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *