Jpeg

Gerhana matahari total 2016 ( 09/03/2016) dapat dilihat langsung di beberapa wilayah di Indonesia. Gerhana matahari ini menjadi menarik karena matahari akan tertutup sempurna selama kurang lebih 1,5-3 menit, tanpa bias sinar kuning, dan fenomena alam ini hanya dapat dilihat dari Indonesia.

Beberapa daerah yang dapat melihat gerhana matahari total adalah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, BengkuluJambi, Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat. Selain itu, wilayah lain, seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan,Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah, serta Maluku Utara.

Wilayah Indonesia lain yang tidak berada di 12 provinsi tersebut akan tetap bisa menyaksikan gerhana matahari meski hanya sebagian yang terlihat. Waktu puncak terjadinya gerhana adalah pada pukul 07.20 WIB. Untuk Indonesia bagian tengah, puncak gerhana matahari total akan terjadi pada pukul 08.35 WITA. Sedangkan untuk Indonesia bagian timur, puncak gerhana ini akan terlihat pada pukul 09.50 WIT.

Seperti kita ketahui, panel surya membutuhkan energi matahari untuk dapat memproduksi daya listrik. Namun pada saat gerhana matahari total 2016 yang akan terjadi ini, sistem panel surya yang terpasang di Indonesia akan aman dan tidak terpengaruh secara signifikan.

Hal ini dikarenakan dari tiga waktu bagian Indonesia, gerhana matahari total 2016 akan terjadi sebelum pukul 10.00. Dimana sinar matahari ideal yang dapat dikonversi menjadi energi listrik adalah dari pukul 10 pagi hingga 2 siang.

time.bursaenergi

Gerhana matahari total 2016 ini juga tidak terlalu mempengaruhi pembangkit listrik yang ada di Indonesia, karena aplikasi pembangkit listrik tenaga surya masih sangat kecil digunakan di jaringan listrik negara. Kebanyakan tipikal pembangkit surya yang di Indonesia adalah Off Grid.

Permasalahan yang paling mungkin timbul adalah dari pengaruh pola perilaku pengguna. Dimana, tanggal 9 maret bertepatan dengan tanggal merah dan banyak bangkitan aktivitas yang muncul dari fenomena ini, sehingga konsumsi listrik akan sedikit meningkat pada saat puncak gerhana.

Indonesia adalah negara yang mendapat kelimpahan energi surya sangat baik. Pemanfaatan secara luas energi surya dapat menjadi solusi pemenuhan kebutuhan energi listrik masyarakat. Mungkin, kita perlu melihat bumi tanpa matahari untuk dapat merasakan “kemewahan” memiliki matahari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *