PJUTS Kampung Tualang
TUALANG (Infosiak.com) – Penghulu Kampung Tualang geram dikarenakan baterai lampu penerangan jalan bertenaga surya di jalan lintas kampung banyak yang dicuri. Padahal lampu tersebut baru saja dilakukan perbaikan beberapa waktu yang lalu oleh UPTD Pasar dan Pertamanan Tualang.
Penghulu Kampung Tualang Juprianto mengatakan kepada Infosiak.com, dari 40 tiang lampu yang ada, sekitar 7 unit baterai lampu hilang dari tiangnya. Fasilitas umum yang sudah dibangun pemerintah yang kegunaanya untuk mempermudah masyarakat dalam berkegiatan pada malam hari kerap kali hilang. Ia memperkirakan pelaku pencurian beraksi pada malam hari disaat kondisi jalan kampung sepi. Hampir semua masyarakat yang tinggal disepanjang jalan lintas kampung saat ditanyakan tidak mengetahui hilangnya baterai lampu.
“Saya sangat prihatin dan sedih sekali atas hilangnya baterai lampu jalan. Siapa pelaku yang tega melakukannya? Saya geram sekali dengan pelaku pencurian itu, padahal lampu tersebut baru saja dilakukan perbaikan, sekarang lampu jalan yang kita bangga-banggakan malah hilang lagi,” ujar Penghulu dengan nada kesal, saat ditemui Minggu (13/11/2016)
Padahal, sambung Penghulu kamtibmas sudah berjalan sebagaimana tugas dan fungsinya. Di kampung juga ada yang namanya Polisi Masyarakat (Polmas). Bahkan kegiatan pos ronda sudah dilakukan masyarakat disepanjang jalan lintas kampung.
“Sepertinya mereka (pencuri,red) sudah propesional, karena biasanya yang namanya maling lebih pintar dari yang menjaga,” celetuk Penghulu.
Ia pun berharap pihak dinas terkait kembali melakukan perbaikan dan pemasangan baterai lampu yang hilang. Mungkin kedepannya pemasangan diperkuat lagi dan lebih safety lagi dari segi keamanan untuk mengantisipasi tindak pencurian. Namun, Penghulu menyerahkan sepenuhnya kepada dinas terkait, yakni Dinas Pasar dan Pertamanan.
“Jika bisa dilakukan dengan pengelasan mati saja, atau dengan konsep lain. Tapi tetap kita serahkan sepenuhnya kepada dinas terkait. Dan sekali lagi saya berharap kepada masyarakat bahwa lampu ini milik kita dan aset kita bersama,” kata Juprianto.
Kepedulian kita tambah Penghulu, harus diperkuat lagi. Kepedulian bukan hanya menjadi tugas pemerintah ataupun pihak kepolisian untuk menjaganya. Tapi ini sudah menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab bersama sebagai masyarakat Kampung Tualang. Ia pun berharap kepada masyarakat apabila mendapati gerak-gerik yang mencurigakan yang ngin melakukan pencurian, segera menghubungi Pemerintah Kampung Tualang atau pihak yang berwajib, agar cepat dilakukan penanganan dan menangkap pelaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *