Pesawat Solar Impulse percobaan, yang bertenaga surya, merampungkan perjalanan lintas benuanya melintasi AS pada Sabtu malam, mendarat di New York walaupun mengalami robek pada satu sayapnya.

Pesawat raksasa berawak satu orang itu mendarat di bandara John F Kennedy di New York pada 23:11 GMT, lebih cepat dari jadwal aslinya karena adanya sobekan sepanjang 2,5 meter pada bahan bagian bawah sayap kirinya.

Solar Impulse, yang menyala dengan empat baling-baling elektrik yang digerakkan oleh susunan sel surya yang dipasang pada sayap selebar 63 meter, lepas landas menjelang fajar pada Sabtu dari Bandara Internasional Washington Dulles.

Perjalanan lintas benua di AS tersebut dimulai pada 3 Mei, dekat San Francisco, California. Pesawat tersebut kemudian mendarat di Phoenix (Arizona), Dallas/Fort Worth (Texas), St. Louis (Missouri), Cincinnati (Ohio) dan di ibu kota, Washington.

Perjalanan Amerika pesawat tersebut merupakan yang terbaru dalam rangkaian penerbangan pertama melintasi berbagai belahan dunia, termasuk Eropa dan Amerika.

Sumber by www.yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *