Jika pulau Derawan sedang dipikirkan PLN untuk memasok listrik dari Tanjung Batu melalui kabel bawah laut, pulau Maratua mungkin tidak ekonomis dengan konsep tersebut. Namun, yang paling tepat, pulau wisata Maratua diupayakan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Menurut Bupati Berau Makmur HAPK, pulau Derawan saat ini memang sangat kesulitan untuk mendapatkan lahan dalam pengembangan sistem PLTS seperti yang sudah ada. Namun, bila akan dikembangkan melalui kabel bawah laut itu sangat tepat. ”Saya mendukung rencana itu, sekaligus akan menjawab kebutuhan listrik di pulau wisata tersebut,” kata Makmur.
Sedangkan Maratua, tak ada pilihan lain. Bila memang ada program PLN dalam menghadirkan listrik di pulau terluar tersebut, maka pilihan yang paling tepat adalah PLTS. Bisa terpusat di satu tempat untuk melayani empat kampung atau masing-masing kampung yang ada di Maratua dibangun PLTS sendiri. ”Dukungan lahan di Maratua masih sangat luas dan mengembangkan sistem PLTS,” kata Makmur.
Persoalan listrik, memang masih kendala besar bagi warga yang ada di pulau yang berbatasan dengan laut Filipina dan Malaysia Timur. Banyak warga yang terpaksa mengupayakan sendiri kebutuhan listriknya yang hanya bertahan tak lebih dari 10 jam. ”Kalau operator wisata, memang harus mengoperasikan 24 jam, karena ini menjadi persyaratan bagi pondok wisata mereka dan peralatan menyelam,” kata Makmur.
Ia juga pernah mengutarakan kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan saat masih menjabat Dirut PLN, saat bertemu di Jakarta agar pulau terluar seperti Maratua mendapat perhatian khusus, terutama mengatasi persoalan listrik. ”Saat itu, Dahlan Iskan memberikan respons positif,” kata Makmur. Kalau PLN saat ini berencana untuk membangun jaringan PLTS di Maratua, tentu ini kabar yang menggembirakan.

Maratua tengah dibangun bandara yang sudah pasti memerlukan dukungan listrik. Juga banyaknya investor yang secara bertahap juga akan membangun resort wisata, yang sudah dipastikan listrik akan menjadi kebutuhan utamanya. ”Saya kira tepatlah bila PLN membangun jaringan PLTS dalam tahun ini,” kata Makmur. Lahannya juga masih sangat mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *