Kabid Pertamanan dan PJU, Rizkianor Fauzi mengungkapkan, berdasarkan data Kecamatan Halong cukup banyak jalan yang belum diterangi oleh PJU.

“Jalan yang sunyi belum ada PJU, selain itu kami juga terkendala semrawutnya kabel, jadi harus kami lakukan penataan ulang nantinya,” katanya.

Lebih lanjut diuraikannya, saat ini total PJU yang di Kabupaten Balangan berjumlah 2.506 yang tersebar di delapan kecamatan, yakni di Awayan 373, Batumandi 237, Halong 443, Juai 238, Lampihong 288, Paringin 598, Paringin Selatan 307, dan Tebing 22.

“Kalau yang baik ada 1031, sementara yang rusak 686, dan yang belum ada PJU nya 789, terkait cukup banyaknya PJU yang rusak karena sudah termakan usia,” urainya, Selasa (3/3/2015)..

Untuk itulah, kembali dikatakannya, ditahun 2016 perencanaan pembenahan PJU bakal dilakukan, kenapa ditahun 2015 belum dilakukan? Karena 2015 nantinya pihaknya bakal fokus penerangan saat pelaksanaan MTQ tingkat provinsi di Balangan.

“Makanya 2016 baru bisa kami laksanakan, nanti setiap kecamatan akan dapat penambahan 50 titik PJU,” ujarnya.

Penambahan PJU difokuskan di kecamatan karena saat ini di jalan provinsi PJU sudah terpenuhi, hal ini senada dengan tujuan untuk menjadi kecamatan di Balangan terang benderanga.

“Terutama di jalan kecamatan, untuk jalan-jalan desa nantinya juga kami upayakan,” sebutnya.

Walaupun pelaksanaannya masih lama, untuk meminimalisir kerusakan lebih lanjut, pihaknya kedepan lebih meningkatkan lagi kordinasi dengan kepala desa di semua kecamatan agara menjaga PJU dan melaporkan bila ada yang rusak.

“Kendala kami keterbatasan tenaga, selain itu dana, makanya kami mengharapkan peran serta masyarakat melalui aparat desa untuk aktir menjaga PJU ditempatnya,” tegasnya.

Sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *