PJU.bursaenergiPeningkatan infrastruktur dengan penyediaan sarana, terus menjadi perhatian Dinas Bina Marga Kabupaten Malang. Selain akan melakukan pembangunan dan pembenahan jalan kabupaten dan desa, dinas tersebut juga mengalokasikan dana sedikitnya Rp 15 miliar, untuk penambahan penerangan jalan umum (PJU) di wilayah Kabupaten Malang. “Dana rangka menunjang peningkatan infrastruktur perdesaan, untuk tahun ini pengadaan PJU akan dilakukan hingga 600 unit. Ada pun dana yang disiapkan, adalah sekitar Rp 15 miliar,” kata Kepala Bidang PJU Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, Avicenna.
Dijelaskannya, pengadaan sejumlah unit PJU itu, nantinya akan disebar di 33 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang. Beberapa titik yang menjadi focus penempatan, adalah jalan kabupaten. “Untuk jalan desa, akan diatur oleh pemerintah desa. Kecuali, jika kondisi di lapangan memang dianggap penting. Sebagai contoh, kantor desa yang lokasinya berada di jalan desa. Kondisi itu, perlu diberi PJU,” terangnya.
Disinggung PJU yang akan didatangkan, Avicenna mengatakan, sementara akan focus pada pemakai LED. Sedangkan untuk solar cell, masih dalam tahap evaluasi penggunaan. “Mengapa memakai LED, karena dianggap sangat hemat energy. Jika dibandingkan PJU sodium atau jenis serupa, mampu menghemat hingga 160 watt. Jika memakai LED, daya pancar cahaya yang muncul antara LED dengan 80 watt dan Sodium dengan 250 watt, hampir sama. Malahan, untuk sodium, tegangan awal saat memancar hingga mencapai 500 watt,” paparnya.
Sedangkan colar cell, tambah Avicenna, dengan kondisi musim penghujan seperti beberapa hari terakhir, sangat tidak efisien. Karena, system solar cell memakai system penyimpanan daya. Penyimpanan tersebut, harus menggunakan aki. “Umur aki, itu usianya terbatas. Sehingga, sangat riskan atau menambah beban pengeluaran, ketika hal itu tetap digunakan. Meski demikian, pemaanfaatan PJU dengan solar cell, tetap akan digunakan. Dengan pertimbangan, lokasi yang aliran listriknya tidak bisa menjangkau, akan memanfaatkan PJU tersebut,” terangnya.
Disinggung mengenai jumlah PJU di Kabupaten Malang, diriya menjelaskan, kalau jumlahnya sekarang mencapai 15 ribu unit. Keseluruhannya, sudah terpasang di wilayah Kabupaten Malang.“Anggaran yang disiapkan tersebut, nantinya juga untuk perawatan PJU yang sudah terpasang. Ada pun jumlah PJU Kabupaten Malang, sekitar 15 ribu dan sudah terpasang di sejumlah wilayah di Kabupaten Malang,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *