PJU Tenaga Surya di Jalan Lingkar CilegonCILEGON – Akibat dari banyaknya penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya yang rusak, Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon menjadi gelap gulita.

Sobari, pedagang d iruas KM 1 JLS menerangkan, kerusakan itu sudah terjadi sejak sebulan lalu. “Kalau malam jadinya gelap sekali di sini,  sudah kayak hutan saja,” ujarnya, Sabtu (17/5/2014).

Kondisi itu tidak ditampik oleh Edi Hendarto, Kasi Pemeliharaan Prasarana Dinas Tata Kota (DTK) Cilegon. Menurutnya, kerusakan itu terjadi karena baterai sebagai sumber energi pada panel PJU tenaga surya mengalami kerusakan. “Memang sebagai besar PJU tenaga surya itu mati dan sudah tidak mampu lagi menyimpan energi, karena umur akinya,” ujarnya.

Selain dimakan usia, kerusakan baterai itu juga umumnya diakibatkan faktor cuaca yang tidak menentu. “Kalau matahari sepanjang tahun ini bagus, umur baterai bisa mencapai dua tahun. Tapi kalau lebih banyak mendung atau hujan, baterai itu akan gampang ngedrop dan berakibat kerusakan,” terangnya.

Untuk itu, DTK akan melakukan pengadaan 40 unit  baterai pada anggaran reguler tahun ini, guna memperbaiki sebagian besar PJU tenaga surya yang berjumlah total sekira 48 unit di sepanjang JLS. “Yang kita butuhkan yakni aki dengan daya sekitar 65 Amphere,” tandasnya.

by www.radarbanten.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *