PJUTS  Bawean
Ada yang berbeda di sepanjang jalan depan Pondok Pesantren Hasan Jufri Lebak Sangkapura Bawean. Jalan didepam komplek pondok telah terang benderang dimalam hari. Cahaya itu berasal dari lampu penerangan jalan bertenaga surya. Sementara memang ada satu lampu dari program pemerintah Kabupaten Gresik ini. Direncanakan ada 30 lampu yang sama di seluruh Bawean.
Warga terutama santri senang. Masyarakat pengguna jalan bisa lebih nyaman dalam berkendara sehingga potensi kecelakaan bisa dikurangi. Begitu pula para santri yang hilir mudik melaksanakan aktivitas rutinnya. Penerangan yang layak pasti sangat membantu.
Seperti penuturan Zaidatur Rifka yang mengaku senang dengan program-program nyata dari pemerintah.  “Jadi terang benderang seperti di kota,”  ujar santri putri Pondok Pesantren Hasan Jufri.
Pernyataan ini tidak berlebihan, jika malam tiba, lampu besar ini menjadikan suasana semakin semarak. Bahkan beberapa pengguna jalan sempat berhenti untuk melihatnya.
Harapan datang dari beberapa warga.  Alangkah indahnya bila jalan-jalan di Bawean dipasang lampu besar seperti ini ujar Asyari penuh harap. Warga Kebunagung Lebak ini juga merasakan dampak posiitifnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *