Setelah berhasil membangun dan mengoperasikan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) bertenaga surya di Ruas Tol Purbaleunyi,  Jasa Marga kembali merencanakan untuk memanfaatkan tenaga surya sebagai PJU di sepanjang ruas tol Cawang-Bandara Soekarno Hatta, sepanjang  40 kilometer.

Menurut Direktur Utama Jasa Marga, Frans S. Sunito, Jasa Marga sudah melakukan program penghematan energi dari listrik ke tenaga surya sejak dua tahun lalu yaitu dengen membangun 254 PJU di ruas Tol Purbaleunyi. Frans menambahkan bahwa proyek penerangan jalan ini tengah dalam proses tender.  Proyek ini difokuskan terlebih dulu di dalam kota karena jarak antar lampunya lebih rapat dan banyak.

Frans juga menjelaskan bahwa Jasa Marga mengundang perusahaan energi baik lokal maupun asing untuk mengerjakan proyek penerangan tenaga surya tersebut. Rencananya, Jasa Marga tetap akan menggunakan tiang yang ada, hanya menambahkan panel penangkap energy surya serta baterai untuk  menyimpan tenaga surya tersebut. Panel surya tersebut akan merubah panas matahari menjadi listrik dan disimpan di dalam baterai.

“Diharapkan semester I tahun depan sudah dapat direalisasikan mengingat pengerjaannya dilakukan akhir tahun ini,” katanya.

Menurut Frans, proyek ini diharapkan dapat direalisasikan pada semester I tahun 2012. Lebih lanjut Frans  menuturkan bahwa selama ini, Jasa Marga selalu mengeluarkan biaya operasional untuk membayar listrik kepada PT PLN yang cukup besar. Sehingga dengan adanya pergantian ke tenaga surya, Jasa Marga dapat melakukan penghematan biaya serta turut membantu melestarikan lingkungan.

Sumber By www.jasamarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *