Tahun ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kantor Wilayah Papua akan membagikan 50 ribu unit pembangkit listrik tenaga matahari ke sejumlah daerah yang belum terjangkau jaringan listrik.

Juru Bicara PLN Papua, Yosephina Kwano mengatakan, pembangkit listrik tenaga matahari tersebut akan dibagikan dalam dua tahap, pertama pada Januari hingga Juni dan tahap kedua pada Juli hingga Desember.

Yosephina Kwano menambahkan pembangkit listrik tenaga matahari ini dibagikan untuk memenuhi target 60 persen wilayah Papua dapat dialiri listrik. Program tersebut merupakan kerjasama PLN dengan pemda setempat.

Kelompok pemerhati lingkungan Greenpeace Indonesia memasang pembangkit listrik tenaga matahari dan angin berkekuatan 1 KW di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat.

Juru Kampanye Greenpeace Asia Tenggara, Hikmat Soeriatanuwijaya mengatakan, pembangkit yang dipasang pada 5 Februari lalu itu merupakan awal dari rencana Greenpeace tahun ini untuk membangun beberapa instalasi serupa di seluruh Indonesia. Proyek ini akan dimulai dari kawasan timur hingga ujung barat Sumatera.

Hikmat menilai, Papua adalah wilayah yang dikaruniai sumber daya alam yang melimpah, namun masyarakatnya belum sejahtera. Menurut Hikmat, baru sekitar 30 persen masyarakat Papua yang sudah menikmati listrik.

Ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi pemerintah untuk segera beralih dari energi kotor ke energi terbarukan.

“Seharusnya pemerintah yang berfikir ke arah pengembangan energi terbarukan. Greenpeace ini kan hanya LSM, harusnya yang bertanggung jawab pada pemenuhan listrik masyarakat adalah pemerintah. Kita berharap setelah melihat upaya dari masyarakat Papua, ternyata energi terbarukan tidak sesulit yang dibayangkan. Masyarakat dan LSM saja bisa,” kata Hikmat.

Ia menambahkan, alat pembangkit listrik itu dibawa dari Jakarta. Greenpeace juga akan memberi pelatihan pada masyarakat agar bisa merawat instalasi itu. Hikmat memperkirakan instalasi ini bisa memasok kebutuhan listrik untuk 1000 rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *