Tenaga Surya Desa Sepintun
SAROLANGUN-Walaupun usia Desa Sepintun Kecamatan Pauh sudah bertahun-tahun lamanya, namun jaringan PLN belum sampai ke desa itu. Sebagai sumber penarangan, warga Sepintun saat ini memilih memakai Lampu Tenaga Surya. Lampu Tenaga Surya, sebuah lampu yang menggunakan tenaga matahari dan terdiri dari lampu LED ini, telah marak ditemui di desa tersebut. Tinjauan langsung harian ini ke Desa Sepintun, tampak dibeberapa atap rumah memiliki tiang lampu tenaga surya.
Jurai (27) salah seorang ibu rumah tangga kepada Koran ini mengatakan, lampu tenaga surya tersebut dapat menerangi dikala malam hari saja, dan lampu tenaga surya itu tak dapat digunakan untuk alat elektronik lainnya seperti menonton TV, mengunakan Kulkas dan sejumlah elektronik lainnya.
‘’Begitulah bang, fungsinya lampu surya ini bisanya untuk malam hari saja, kalau untuk menonton tv, seperti menghidupkan kulkas tidak kuat dia bang,’’ ujar Ibu 1 orang putri itu.
Dirinya juga mengatakan, sebelumnya masyarakat Sepintun masih banyak menggunakan mesin Diesel (Genseat). Namun setelah pernah mendapat bantuan lampu tenaga surya dari pihak pemerintah setempat, kini banyak juga warga yang beli sendiri untuk penerangan rumahnya masing-masing.
‘’Dulu masih banyak yang pakai mesin genset bang, kini semenjak melihat lampu tenaga surya yang dibantu dari pemerintah itu sangat terang mangkanya kami disini banyak membeli sendiri,’’ tambahnya lagi.
Oleh karenanya, masyarakat Sepintun, berharap kembali agar bantuan lampu surya bisa didatangkan lagi ke desa tersebut. Sehingga seluruh warga yang belum dapat membeli lampu tenaga surya itu dapat memilikinya.

Sumber berita by https://sarolangunonline.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *