PLN Papua.bursaenergi
JAYAPURA – PT PLN Papua kini menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk melayani masyarakat di pedalaman seperti di Kenyam, Kabupaten Nduga dan Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. “Tidak banyak masyarakat yang terlayani mengingat PLTS yang ada hanya berkekuatasn 300 KWP,” kata GM PLN Area Jayapura, Merry Lauw di Jayapura, Jumat (19/2/2016).
Dikatakan, terbatasnya masyarakat yang dapat terlayani itu disebabkan karena penggunaanya bergantung kepada sinar matahari sehingga apabila kawasan itu hujan dan mendung maka dipastikan plts tidak dapat digunakan.
Penggunaan PLTS juga perlu kerjasama dengan pelanggan sehingga penggunaannya dapat merata diantara sesama pelanggan, harap Merry Lauw. Menurut dia, untuk memaksimalkan pelayanan menggunakan plts dikedua ibukota kabupaten dalam waktu dekat pln akan menempatkan petugasnya di Kenyam dan Oksibil. “Saat ini yang mengoperasikan plts dikedua kota dipedalaman Papua itu berasal dari perusahaan yang bekerja sama dengan pln,” jelas Merry Lauw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *