PLTS Jakabaring.bursaenergiPALEMBANG – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jakabaring, Palembang, untuk memenuhi kebutuhan listrik pada pelaksanaan Asian Games 2018. “Pembangunannya sendiri sekarang sedang dalam proses yang ditargetkan rampung sebelum pesta olahraga internasional mendatang,” ujar Asisten Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Ruslan Bahri di Palembang, Selasa (23/2/2016).
Ia mengatakan, pembangungan pembangkit listrik tersebut bekerja sama dengan Jepang. Mengenai kapasitas listrik yang bisa dihasilkan pembangkit itu, direncanakan 10 megawatt (mw), sedangkan pembangunan secara bertahap. “Yang jelas pembangkit listrik itu diperuntukan kebutuhan Asian Games, khususnya kawasan Jakabaring, Palembang,” kata dia.
Menurut dia, pembangkit listrik itu cukup penting apalagi tenaga surya ramah lingkungan. Oleh karena itu, pihaknya terus mengoptimalkan pembangunan tersebut supaya rampung sesuai rencana. Selain itu, katanya, untuk menambah daya listrik yang ada karena kawasan olahraga Jakabaring memerlukan penerangan secara maksimal.
Hal itu, katanya, karena pertandingan cabang olahraga diperkirakan hingga malam hari sehingga membutuhkan penerangan. Sumsel bersama DKI Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games yang di Palembang pertandingannya dipusatkan di Jakabaring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *