Becak tenaga surya Cakra Hybrid karya dari siswa SMK PGRI 2 Ponorogo, Jawa Timur (kaskus)

Magetan, Jawa Timur: Kagum akan inovasi anak bangsa, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencoba menjadi penarik becak tenaga surya Cakra Hybrid. Sedangkan Ibu Ani dan Edhie Baskoro Yudhoyono menjadi penumpang.

“Ibu mau coba? Ayo saya yang bawa, ibu jadi penumpangnya,” kata Presiden SBY yang disambut tepuk tangan mereka yang hadir dalam pameran becak kayuh dan mobil listrik lokal di halaman Pendopo Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Selasa (11/12) siang.

Becak tenaga surya Cakra Hybrid adalah karya dari siswa SMK PGRI 2 Ponorogo, Jawa Timur. Becak ini memiliki spesifikasi, antara lain, kapasitas 36 volt, daya 500 Watt 28 ampere, suspensi spiral dan Shock Absober, ukuran roda 17, dan berkekuatan hingga 600 kg.

Cakra Hybrid sekilas bentuknya seperti Betor (becak motor), namun becak masa depan ini sama sekali tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Becak ini menggunakan tenaga surya atau solar cell yang ditampung di bagian atasnya sehingga memberikan tenaga untuk mesin.

Presiden SBY usai mendapatkan penjelasan dari pembimbing pembuat Cakra Hybrid langsung penasaran untuk menjajalnya. “Ini bisa langsung saya coba?” tanya Presiden. Jadilah Presiden SBY mengayuh becak dengan penumpang Ibu Ani dan putera bungsu Edhie Baskoro alias Ibas.

Setelah itu, Presiden SBY meminta Mensesneg Sudi Silalahi untuk mengendarai Cakra Hybrid. Tak disangka Mensesneg sungguh luwes mengendarai becak karya anak SMK PGRI 2 Ponorogo tersebut. Presiden SBY dua kali mencoba berkeliling halaman pendopo mengayuh becak.

Kali ini jalur becak sudah lebih tertata sehingga jarak tempuhnya lebih jauh. “Aduh Pak, hati-hati,” ujar Ibu Ani ketika Presiden SBY agak ngebut mengayuhnya.

Selain mencoba Cakra Hybrid, Presiden SBY juga mencoba mobil listrik produksi Great Asia Link (Grain) bekerja sama dengan PT Pindad. Kali ini agak jauh, Presiden SBY berkeliling alun-alun kota Magetan bersama Menko Pekonomian Hatta Raja, Menperin MS Hidayat, dan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Komandan Grup A Paspampers Kolonel (Inf) Eko Margiyono menjadi sopir mobil listrik dengan nol emisi tersebut. Warga tampak antusias melihat Presiden SBY dan menteri mengeliling pusat kota mereka.

Presiden SBY dan Ibu Ani juga meninjau mobil listrik kerja sama PT PLN dan PT Sarimas Ahmadi Pratama serta gerai batik khas Magetan. Usai melakukan peninjauan, Presiden menyaksikan penandatangan Nota Kesepahaman antara Dirut Bulog dengan Gubernur Jawa Timur, Rektror Universitas Brawijaya, Universitas Jember, dan Kontak Tani Nelayan Andalan tentang Kerja sama pengelolaan pola kemitraan bidang prodiksi dan pemasaran gabah/beras. (presidensbyinfo/dik)

Sumber by www.presidenri.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *